Kamis, 16 Januari 2014

Laporan Praktikum Media Penyuluhan Pertanian II

ACARA I
PENGENALAN DAN PENGGUANAAN KAMERA VIDEO

A.    TUJUAN PRAKTIKUN
Mahasiswa mampu mengenal dan menggunakan kamera video dengan benar :

B.     DASAR TEORI
Kamera video terdiri dari tiga bagian utama yaitu :
1.      Lensa ( Lens )
2.      Kepala Kamera ( Camera Head )
3.      Jendela Pengintai ( Viewfinder )

1.         Lensa ( Lens )
Lensa berfungsi untuk mengumpulkan sinar yang dipantulkan oleh obyek sehingga membentuk bayangan optis pada permukaan tabung kamera atau CCD ( charge coupled device ) lensa mentukan perspektif visual dari pemandangan yang dilihat oleh manusia.
Ada empat jenis lensa yaitu :
a.       Lensa sudut lebar ( wide angle lens ) adalah lensa yang bidang pandangan horisontal dan pembesaran gambaranya lebih lebar di banding dengan apa yang kita lihat apabila kita berdiri di tempat dimana lensa berada panjang fokal lensa sudut lebar adalah 12-25 mm dengan sudut pandangan horizontal 57o-20o.
b.      Lensa normal ( normal lens ) lensa ini menghasilkan pandangan sebagaiman mata kita melihatnya bidang pandang horizontal dan pembesaran gambar lensa normal  sebanding dengan apa yang kita lihat apabila kita berdiri di tempat dimana lensa berada panjang fokal lensa normal adalah 25-75 mm dengan sudut pandangan horizontal 20o-9o.
c.       Lensa tele ( telephoto lens ) adalah lensa yang bidang pandangan horizontal dan gambarnya lebih sempit dibanding dengan apa yang kita lihat apabila kita berdiri ditempat dimana lensa berada. Panjang fokal lensa tele 75-250 mm dengan sudut pandangan horizontal 9o-3o.
d.      Lensa zoom ( zoom lens ) adalah lensa yang dapat diubah ubah panjang fokalnya dari sudut pandang yang paling lebar ( wide angle ) ke sudut pandang yang paling sempit ( telephoto ) batas perbandingan antara panjang fokal lesa zoom terpendek dan terpanjang dinamakan zoom range. Pada zoom range biasnya dituliskan 2 nomor, misalnya 10 x 12 nomor pertama ( 10 ) adalah zoom rangenya, artinya perbandingan panjang fokal terpendek dengan terpanjang adalah 10 : 1, sedangkan nomor ke ( 12 ) adalah panjang fokal terpendek dalam milimeter sampai dengan 120 mm, lensa zoom bisa digerakan dengan cara manual, yaitu dengan memutar gelang lensa dan dengan cara servo, yaitu dengan menekan tombol yang menggerakan motor elektronisnya.

2.         Kepala kamera ( camera head )  
Mengenai kepala kamera ini sengaja tidak di jelaskan secara mendetail mengingat bahwa kita tidak secara langsung mengoperasikan instrumen ini karena seluruhnta berada di bagian dalam kamera. Camera head berisi :
a.       Sistem optik internal
Semua kamera video berwarna menggunakan sistem optik bagian dalam yang memisahkan cahaya yang di fokuskan oleh lensa kedalam tiga warna primer sistem optik yang biasa di gunakan adalah prins beam spiller yang menerima sumber cahaya secara maksimum dan sedikit terjadi distori optik.
b.      Photoelectric tranducer
Baik itu pickup tube atau CCD berfungsi mengubah bayangan optis ke sinyal video.
c.       Tabung (  pickup tube )
Jenis tabung banyak yang digunakan adalah plumbicon dan satiscon tabung tabung ini dapat menghasilkan gambar berwarna dengan kualitas yang tinggi
d.      Charge couplet device ( CCD )
CCD adalah sebuah chip terpadu sebagai pengganti tabung ( pickup tube ) fungsinya sama hanya cara bekerjanya yang berbeda.

3.         Jendela pengintai  ( viwfinder )
Viwfinder adalah jendela pengintai atau jendela pengamat dimana kita bisa melihat obyek yang masuk kedalam kamera viwfinder biasanya berukuran 1-6 inci merupakan sebuah pesawat monitor ( televisi ) bisa hitam putih atau berwarna yang berfungsi merubah sinyal video menjadi gambar yang bisa dilihat oleh mata manusia dengan menggunakan jendela ini maka juru kamera dapat mengatur frame menyusun komposisi dan memfokuskan gambar.
Bagian dalam viwfinder dilengkapi dengan lampu lampu indikator atau display yang menyatakan white balance kurang cahaya recording batrei atau kaset nyaris habis sedangkan di bagian depan viwfinder ada lampu merah yang di sebut taly light sebagai tanda on air.

C.    ALAT DAN BAHAN
Alat yang di gunakan adalah : kamera sedangkan bahan yang digunakan adalah materi informasi.

D.    LANGKAH KERJA
1.      Lakukan identifikasi tehadap kamera video
2.      Kenali fungsi dari setiap peralatan yang terdapat pada kamera
3.      Kenali cara kerja setiap peralatan yang terdapat pada kamera
4.      Cobalah untuk menggunakan kamera dengan dipandu oleh pembimbing
5.      Gunakan kamera untuk merekam obyek tertentu secara mandiri

E.     HASIL
Ø  Kamera video  adalah perangkat perekam gambar video yang mampu menyimpan gambar digital dari mode gambar analog. Kamera video termasuk salah satu produk teknologi digital, sehingga  disebut pula salah satu perangkat digitizer yang memiliki kemampuan mengambil input data analog berupa frekuensi sinar dan mengubah ke mode digital elektronis.

Ø  Video / Film adalah rangkaian banyak frame gambar yang diputar dengan cepat. Masing - masing frame merupakan rekaman dari tahapan - tahapan dari suatu gerakan. semakin cepat putarannya semakin halus gerakannya, walaupun sebenarnya terdapat jeda antara frame namun kita sebagai manusia tidak bisa menangkap  jeda tersebut dengan kasat mata.




F.     PEMBAHASAN
Setiap orang bisa membuat karya film video asalkan tahu dan paham proses pembuatannya dan cara-cara penggunaan peralatannya. Asalkan ada kemauan dan peralatan tidak susah untuk mempelajarinya. Apalagi saat ini kamera video sudah bukan barang asing lagi. Dalam lingkup keluarga pun sudah dikenal handycam, peralatan sederhana yang sudah dipenuhi beberapa fasilitas.
Pertama kali yang perlu kita ketahui untuk pengambilan gambar adalah pengenalan terhadap kamera. Kamera merupakan salah satu bagian penting dalam sebuah pengambilan gambar. Tanpa menyepelekan bagian yang lain, tanpa kamera sebuah produksi tidak bisa berjalan, karena di kamera inilah gambar dan suara direkam ke dalam film atau pita video. 

Ada berbagai macam jenis kamera yang beredar, mulai dari kamera handycam sampai kamera professional broadcast. Kamera handycam disebut juga kamera keluarga karena lebih banyak digunakan untuk kepentingan keluarga dan pengoperasiannya juga mudah, meskipun ada beberapa jenis handycam yang bisa digunakan untuk kualitas broadcast (seperti : Sony seri DSR DVCam dan Canon XL-1). Sedangkan kamera professional dipakai oleh seorang yang professional dibidangnya, karena penggunaannya perlu beberapa ketrampilan dan pengetahuan khusus tentang fasilitas kamera itu sendiri. Kamera handycam ada beberapa jenis sesuai dengan format kasetnya :
o   Video 8
o   Hi-8
o   Digital 8
o   VHS-C
o   S-VHS-C
o   Mini DV
o   DVCam
v  Kamera Professional Broadcast juga ada beberapa jenis :
o   Hi-8 Pro
o   S-VHS
o   U-matic
o   Betacam
o   DVCPro/DVCam
o   Digital-9
o   Digital Betacam
v  Masing-masing jenis kamera mempunyai kelas yang berbeda sesuai kebutuhannya, namun fungsi dan pengoperasiannya tidak jauh berbeda, hanya mungkin fasilitas dan kualitas hasil rekamannya yang berbeda.

G.    KESIMPULAN

Berdasarkan hasil praktikum yang dilakukan di ruang kelas dapat diambil kesimpulan tentang pengenalan sebuah kamera video. Manfaat pengenalan kamera video sangat berguna jika seseorang akan menggunakan kamera video tersebut. Dalam pengenalan kamera video perlu diketahui tiga bagian utama yaitu : Lensa (Lens), Kepala Kamera ( Camera Head ), dan Jendela Pengintai ( Viewfinder ).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar